Menjadi Guru adalah Pengabdian, "Berprestasi" adalah Kebanggaan - SD Negeri 51
Headlines News :
Home » » Menjadi Guru adalah Pengabdian, "Berprestasi" adalah Kebanggaan

Menjadi Guru adalah Pengabdian, "Berprestasi" adalah Kebanggaan

Written By pak dirman on Jumat, 22 Agustus 2014 | 21.25

Pahlawan Tanpa Tanda Jasa adalah sebuah idiom yang sempat melekat pada profesi seorang guru. Sebuah kalimat yang menggambarkan betapa mulia profesi guru hingga kata “Pahlawan” tersemat didadanya, dari kalimat itupun terbersit pengabdian yang luar biasa bagi seorang guru, maka tak mengherankan jika di dalam masyarakat sendiri tanpa sadar telah membuat batasan-batasan tertentu pada guru menjadi pengabdian murni dan mengaburkan sebuah profesi. Sebuah pengabdian telah menjadi keharusan bagi profesi guru hal ini menjadi kesepakatan tanpa sadar dari masyarakat sehingga ketika terjadi hal-hal diluar batasan akan menimbulkan efek yang sangat besar bahkan akan memunculkan sanksi moral bila terjadi kesalahan. Segala tingkah laku akan menjadi sorotan, setiap pembicaraan menjadi acuan, setiap yang melekat menjadi panutan di dalam masyarakat. Tuntutan dari masayarakat yang nyaris sempurna ini sebenarnya menjadikan fungsi yang strategis bagi profesi guru, dengan ekspektasi yang tinggi dari masyarakat akan lebih mudah untuk melaksanakan sistem pendidikan yang lebih baik. Mereka menjadi motor penggerak bagi kemajuan bangsa dan negara dengan mencetak tenaga terdidik, trampil, dan berkarakter. Suatu bangsa akan mencapai kemajuan apabila generasi yang mengganti lebih baik dari generasi yang diganti dan ini dapat terlaksana dengan pendidikan. Dilain pihak besarnya tuntutan masyarakat ini secara tidak langsung telah menempatkan guru dalam sebuah kotak dengan batasan yang ketat sehingga membuat mereka terbebani dan terbatas dalam berkreasi diluar profesi dan kebiasaan masyarakat, misalnya mencari kegiatan lain (penghasilan lain), berkesenian, dan lain sebagainya. Pada sisi ini terjadi dilema antara pengabdian dan keinginan (hobi), kebiasaan, dan tuntutan hidup seorang guru di dalam masyarakat. Maka akan timbul pertanyaan dibenak kita bagaimana seorang guru sebagai pengabdian di masyarakat disatu pihak dan guru sebagai profesi yang hanya terbatas dalam profesionalisme kerja di pihak lainnya.
Perkembangan jaman telah menuntut manusia untuk mengikuti putaran roda jaman ini sehingga hal-hal baru banyak bermunculan baik dari segi moral, sikap, bahasa, ilmu pengetahuan, gaya hidup dan lain sebagainya. Misal dengan perkembangan IT yang semakin canggih memudahkan siswa mampu mengakses apapun, dengan berbagai pola pula mereka mampu menghindari (menyembunyikan file-file tertentu) dari otang tua maupun guru. Pada fase inilah guru harus mampu mengikuti perkembangan sekaligus dapat menempatkan diri sebagai filter pembeda hal
baru itu. Maka dengan tututan ini totalitas dan profesionalisme adalah mutlak harus dimiliki seorang guru.
Ketika berbicara tentang profesionalisme guru setidaknya syarat sebagai guru profesional harus kita miliki seperti, kualifikasi akademik minimal Sarjana atau Diploma IV (S1/D-IV) yang relevan dan menguasai kompetensi sebagai agen pembelajaran. Namun apakah cukup sebagai guru profesional (apalagi yang telah tersertifikasi) sehingga kita mampu untuk mengemban tanggung jawab mencerdaskan kehidupan bangsa? atau lebih ekstrim lagi apakah dengan label guru profesional telah mampu menjawab setiap tantangan jaman? Banyak jawaban yang bisa kita kedepankan namun kalau bisa disederhanakan adalah “Prestasi”. Menjadi guru berprestasi bukan sebuah fase setelah menjadi profesional namun merupakan harapan yang perlu diraih untuk kemajuan guru dan menjawab tantangan jaman. Guru profesional dan berprestasi adalah gambaran ideal dalam dunia pendidikan modern. Namun untuk mencapai kondisi ini apa yang harus kita punya, bagaimana kita bisa mencapai pada tahap ini, dan untuk apa itu semua.?????

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

IPA SD

IPA
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. SD Negeri 51 - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya